Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

everything about style, brand and leather

17 Dec

TIPS MEMELIHARA dan MENGENAL KULIT lebih dekat

Published by Keke Achmad

TIPS MEMELIHARA dan MENGENAL  KULIT lebih dekat

Memiliki barang barang dari kulit adalah sebuah keseasyikan tersendiri, dan kita akan menjumpai beberapa permasalahan yang membuat kita sibuk menanganinya. Hal sederhana yang perlu kita Lakukan adalah menjaganya dan mengerti bagaimana memelihara leather stuff tersebut.

Sebelum kita membahas bagaimana perawatan itu berlangsung, kita perlu mengetahui lebih dahulu jenis kulit yang digunakan pada leather stuff tersebut, sehingga kita tau how to handle the problem.
Kita akan mengulas kembali sedikit tentang jenis kulit secara umum saja.

3 TYPE BESAR CATEGORY KULIT
# Type A = Aniline Leather ( Unfinished Leather)
# Type SA = Semi Aniline Leather ( Unfinished Leather)
# Type P = Pigmented Leather ( Finished Leather)

atau

2 GROUP UMUM:


> Finished Leather
Semua jenis kulit yang termasuk dalam jenis FINISHED LEATHER adalah: TOP GRAIN Leather, CORRECTED TOP GRAIN,
Full Grain, Split atau Bicast.

> Unfinished Leather
Beberapa jenis kulit yang termasuk dalam jenis UNFINISHED LEATHER adalah: kulit yang masuk dalam category ANLINE, SEMI - ANLINE, Yaitu: raw leather, pull up, suede dan nubuck.

Mari kita Lakukan TEST dalam 3 cara untuk mengetahui jenis dan Type kulit tersebut

(1) TEST GORESAN


type Kulit Anline / Unfinished Leather

mudah tergores dan bekas goresannya akan terlihat dengan wanna terang sepanjang goresan yang terukir
Type Kulit semi-Anline akan terlihat meregang namun warna kulit tidak akan mudah berubah pada awal menggores mungkin saja berubah atau mungkin juga tidak dan juga tidak terlihat meninggalkan tanda
Type kulit Pigmented tidak akan mudah untuk tergores dan tidak akan meninggalkan bekas.


(2) TEST AIR


Terapkan setetes air di daerah tersembunyi dari masing-masing kulit yang terjadi adalah
Type Kulit Anline akan menyerap air dengan mudah dan akan meninggalkan jejak sedikit lebih glad.
Type Kulit Semi-Anline akan menahan sedikit lebih lama untuk menyerap
Type Kulit Pigmented tidak akan menyerap air, air akan melintas Cepat di permukaan kulit

(3) TEST VISUAL


Uji visual menggunakan kaca pembesar untuk melihat HAIR FOLLICLE HOLE
Type Kulit ANLINE : kita akan hampir pasti akan dapat melihat lubang-lubang kecil di permukaan kulit dimana lubang kecil ini adalah folikel rambut yang telah dihapus dan tertutup oleh proses covering. Penutupan Lubang ini menunjukkan bahwa tidak ada Lagi lapisan pigment karena jika ada lubang ini akan nampak berisi. Beberapa cedera seperti bekas luka gores, fighting dan tanda-tanda alam lainnya pada kulit Binatang secara alami pada umumnya.
Type Kulit Semi-Anline
akan terlihat sangat mirip dengan kulit anilin. Namun kita masih dapat melihat lubang folikel rambut meskipun tidak akan dapat melihat sejelas yang terlihat pada kulit anline Hal ini karena music Ada lapisan pigmen tipis di atas nya.

Type Kulit Pigmented
Anda tidak akan dapat melihat lubang folikel rambut karena mereka telah ditutupi dengan mengisi lapisan top coat dengan sempurna dan yang akan terlihat adalah hanya warna kulit Anda.

Berikut Ada TIPS mudah dan cepat untuk perawatan kulit sehari-hari :

- BASAH

jangan panic, biarkan kering secara perlahan dan alami
jangan sekali-kali menggunakan hair-dryer hal ini hanya akan menyebabkan material menjadi lebih kaku dan melengkung karena suhu yang benar-benar panas akan mengubah struktur kimia yang tersembunyi.
keringkan dalam suhu ruangan normal, pengeringan akan bekerja lebih baik dan menjaga kulit tetap lentur

-KERING

Gunakan krim "Hand bag Lotion" atau "Mink Oil Lotion" krim biasa yang lembut dan natural seperti handbody untuk kulit tubuh kita (pastikan jangan yang mengandung wewangian banyak/alkohol tingg) gunakan handboy yang lebih natural

usapkan secara merata pada seluruh permukaan kulit dengan arah yang teratur. Pastikan jangan menuangkan cairan krim secara langsung keatas permukaan kulit namun bubuhkan kirim pada kai lap lembut (planel/kain lap kaca mata)


Perlu diingan perawatan dengan krim ini :

# tidak untuk kulit suede
# Hanya untuk kulit jenis kulit Top Grain (permukaan kulit yang halus)

# Untuk Kulit Matt / Nubuck gunakan krim yang tidak mengandung "Mink Oil Lotion" karena akan menyebabkan perubahan warna pada permukaan kulit dan menghilangkan karakter Matt nya.

Beberapa jenis kulit sudah mengalami proses painting, waxing atau oily maka anda hanya perlu memilih krim yang akan bekerja sesuai dengan jenis kulit tersebut.

- KOTOR

Kita dapat membersihkannya dengan kain basah (tidak basah!).
Jangan menggunakan sabun atau pembersih sebagai zat atau bahan kimia negatif yang dapat bereaksi pada kulit dan nantinya hanya akan membuat noda buruk.

# Khusus Untuk membersihkan suede, bersihkan noda dengan sedikit air dan sikat kearah yang sama dengan sikat suede kemudian keringkan secara alami (kipas-kipas perlahan) atau dry clean.

-Biarkan Kulit Anda Bernafas!

Jangan pernah membungkus Tas Anda dalam plastik meskipun anda pergi dalam waktu lama sekalipun.
Kulit benar-benar membutuhkan udara dan ventilasi untuk menjaga jamur tumbuh.
Gunakan Sarung tas non Polyester dengan silica gel didalamnya, namun pastikan anda mengeluarkannya dari dalam sarung tersebut sesering mungkin

Simpan tas dalam suhu normal (jangan suhu pengap, panas atau terlalu dingin)

Gunakan Leather Conditioner, karena conditioner dirancang secara khusus untuk menjaga kekuatan, keindahan dan fleksibilitas kulit yang diformulasikan untuk mengembalikan kulit tas yang kering, dan usang dengan mengganti kembali minyak alami yang digunakan dalam proses tanning.
Penggantian minyak ini membantu untuk menjaga kulit secara alami

Pastikan untuk selalu menggunakan kondisioner
kulit setelah membersihkan untuk mencegah minyak pada kondisioner dari kotoran yang terkena di permukaan kulit. Kotoran ini bisa saja melemahkan dan memecah serat-serat kulit dalam waktu lama

Langkah pertama Saat kita memilih produk kondisioner kulit yang tepat adalah dengan mengenal lebih dahulu jenis kulit pada barang yg kita miliki itu kondisioner kulit yang baik adalah conditioner yang di Formulasi untuk memelihara pori dan kelenturan kulit. Dengan begitu banyak kondisioner di pasaran, akan sulit untuk memilih yang benar. Maka Carilah Conditioner yang dapat digunakan untuk daily maintenance yang mampu mencegah berbagai masalah kulit Misalnya :

Mencegah masalah Cracking
Minyak dan kotoran akan terjebak dalam pori-pori kulit yang terus menumpuk waktu ke waktu dan akan menyebabkan kulit retak karena
Partikel-partikel kotoran dan minyak ini akan mencampur patina alami pada kulit, kemudian membuat kulit meregang, pecah dan rusak

Mencegah masalah Jamur
Udara, kelembaban, tumpukan dengan barang lain dan debu dapat menimbulkan Jamar dengan Cepat.
Usahakan untuk tidak membiarkan tas /barang kulit Anda Menempel / menumpuk dengan barang lain secara langsung. Gunakan lembar pelapis untuk memisahkan kedua nya (jangan plastik/ karet/kalep) Gunakan kain katun dingin atau Kertas kue dan menggantinya secara berkala. Sebar/Tarun silica gel disekitarnya
Bersihkan Jamur yg terlanjur tumbuh dengan lotion khusus : yang mengandung Mink Oil / Madu /Minyak Zaitun
Beberapa pemakaian lotion untuk Jamur, akan menyebabkan: berkurangnya kilap pada permukaan kulit dan merusak wanna kulit menjadi sedikit lebih tua dari sebelumnya.

Penggunaan Lotion / Conditioner secara teratur dan benar akan menjaga barang kulit Anda Senantiasa Baru, lentur, dan lebih awet.

Dianjurkan oleh para profesional untuk pemeliharaan kulit Anda setidaknya 1-3 kali setahun membersihkan secara total dengan Pemberian conditioner secara menyeluruh untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik dan optimal
Meskipun itu sering terkena panas atau air.


SEMOGA BERMANFAAT dan
SELAMAT MENCOBA

Comment on this post

About this blog

everything about style, brand and leather